Selasa, 30 Desember 2014

Pengertian Islam

Pengertian Islam
Islam adalah agama pembawa kedamaian serta agama yang menyelamatkan manusia dari bentuk-bentuk tingkah laku yang tidak baik. Dalam hal ini sejatinya islam adalah agama penyempurna dari ajaran-ajaran sebelumnya. Karena ajaran-ajaran sebelumnya telah bercampur aduk dengan bentuk-bentuk ajaran yang menyeleweng.

Pengertian islam secara ontologi, maka dalam hal ini islam bersifat mengajarkan. Dalam islam selalu mengajarkan kepada manusia akan kebenaran serta perbuatan yang baik, serta mengajarkan hal-hal yang harus ditinggalkan.
Pengertian islam secara epistimologi, islam ini adalah ajaran yang meiliki dasar dan tujuan yang sangat kuat dalam menyebarkan islam dalam bentuk dakwah maupun dalam bentuk pengajaran. Islam mendasarkan semua perilakunya berdasarkan al-Qur’an dan Hadits.
Pengertian islam secara aksiologi, sedangkan tindakan islam sejatinya sudah sangat baik dalam kehidupan ini. Islam sudah memberikan tindakan atau aksi yang baik dalam segala hal. Islam tidak mengganngu agama lain serta islam menunjukkan hidup dengan penuh kedamaian.
Pesan islam
Pesan islam pada dasarnya berupa ajakan kepada manusia yang  berupa dakwah. Dalam dakwah inilah islam berusaha mengubah perilaku manusia menjadi perilaku yang lebih baik. Dalam hal ini islam selalu menerapkan rahmatan lil ‘alamin yakni kasih sayang kepada seluruh alam baik kepada manusia maupun kepada makhluk lainnya.
Makna islam
Islam memiliki beberapa makna utama yang harus dipahami, diantaranya yaitu :
Islam bermakna damai dan penuh kasih sayang. Maka tidak heran jika ajaran serta pesan yang disampaikan islam ini bersifat umum dalam artian islam selalu mengasihi semua yang ada di  alam ini baik manusia maupun hewan. Hingga dalam menyembelih hewan pun islam memberikan tata cara yang baim pula. Diantaranya pisau harus ditajamkan. Dari ini dapat dipahami bahwa islam selalu mengasihi semua yang ada di alam ini. Yang biasa melakukan kerusakan di alam ini  adalah oknum-oknum tertentu. Maka tidak boleh mengatas namakan nama agama islam. Karena islam tidak pernah mengajarkan akan kerusakan.

Islam juga bersifat menyucikan serta membersihklan diri dalam tahap penyelamatan. Maka dalam islam selalu mengajarkan tentang penyucian hati. Penyucian ini biasanya dilakukan dengan cara memperbanyak istighfar serta selalu intropeksi diri. Dan mencoba menghilangkan penyakit hati itu sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar